Rapid Need Assessment (Epidemiologi Bencana)

Rapid Need Assessment

Rapid Need AssessmentIndonesia merupakan salah satu negara yang tergolong rawan terjadinya bencana alam, hal ini terkait dengan keadaan geografisnya yang terletak antara dua samudra besar, berada diwilayah lempeng tektonik, dan dilewati oleh jalur gunung berapi. Kondisi ini berpotensi menimbulkan bencana seperti tsunami, gunung meletus, banjir, longsor, dll.

Rapid Need Assessment

Permasalahan yang sering terjadi pasca bencana adalah penanganan yang lambat dan tidak tepat sasaran. Permasalahan ini dapat diminimalisir jika pada tahap pengambilan keputusan dalam merespon bencana berdasar data dan informasi yang benar, akurat, serta up to date. Jika tidak sesuai kriteria tersebut, bisa dipastikan keputusan akan salah dan intervensi yang dilakukan juga tidak tepat (tidak efektif), juga sangat dimungkinkan menghambur-hamburkan sumberdaya dan sumberdana (tidak efisien). Oleh karena itu diperlukan system penggalian informasi yang baku dan efektif saat tanggap darurat bencana.

Rapid Need Assessment Pada Bencana

Salah satu bentuk pengumpulan data itu adalah Rapid Needs Assessment yang merupakan serangkaian kegiatan dilakukan untuk medapatkan informasi dan data yang berguna untuk melakukan tindakan intervensi pasca bencana yang dilakukan secara cepat. Pengumpulan data ini dilakukan kurang dari 1 pekan setelah kejadian bencana, sehingga dapat digunakan untuk mengambil keputusan segera.

Rapid needs assessment sudah menjadi komponen penting dari program bantuan pasca bencana. Dengan adanya metode ini akan memungkinkan petugas kesehatan masyarakat secara cepat mengidentifikasi dan memprioritaskan daerah yang membutuhkan dan target sumber daya yang tepat.

Informasi yang dihasilkan oleh penilaian adalah aset dan komoditas yang baik. Informasi ini harus digunakan untuk pengambilan keputusan penting, dan untuk umpan balik. Tidak hanya sektor kesehatan saja, tapi juga dapat digunakan oleh sektor lain. Saling tukar informasi adalah langkah pertama dalam koordinasi yang efektif, dan diakui sebagai sumber informasi terpercaya , adalah cara terbaik bagi suatu organisasi untuk menegaskan klaimnya ke koordinasi peran.

Semoga bermanfaat infomengenai Rapid Need Assessment ini. Untuk lebih lengkap anda bisa mendownload dari link berikut: http://srirahmayuli.com/RapidneedAssesment.pdf

 

 

Share Button