Metode Penelitian Epidemiologi Gizi

Metode Penelitian Epidemiologi Gizi

Defenisi Epidemiologi : Ilmu  mempelajari tentang frekuensi, distribusi , determinan penyakit atau masalah kesehatan untuk pembuatan perencanaan dan keputusan yang tepat mengatasi masalah terseubut.

Defenisi Epidemiologi Gizi : Epidemiologi gizi adalah bagian dari ilmu epidemiologi yang mempelajari frekuensi, distribusi , determinan masalah gizi dan penyakit yang berhubungan dengan gizi, serta penerapanya dalam kebijakan dan program pangan dan gizi

Rancangan Penelitan Epidemiologi Gizi

1. Rancangan Observasional

Rancangan penelitian observasional, peneliti tidak melakukan perlakuan/intervensi pada subjek penelitian,  secara garis besar terbagi menjadi :

a. Penelitian Deskriptif : Penelitian yang betujuan untuk menggambarkan mengenai fenomena yang ditemukan. Jenis penelitian yaitu studi ekologi (penelitian pada tingkat populasi), laporan kasus (case report), rangkaian kasus (case series), dan studi potong lintang (Crossectional). studi potong lintang (Crossectional)   variabel dependen dan independen dilakukan pada waktu yang sama, untuk mengetahui ada tidaknya hubungan, namun tidak bisa sampai mengetahui hubungan sebab akibatnya.

b. Penelitian Analitik : Penelitian yang ingin mengetahui hubungan sebab akibat, dari suatu variabel yang diberkirakan sebagai sebab dan variabel lain sebagai akibat, yang membutuhkan analisis secara statistic.  Jenis penelitian analitik Case Control, dan Kohort. Case Control digunakan untk membandingkan orang yang mengalami kelainan gizi dan tidak untuk dipelajari faktor penyebab yang telah lalu. Sedangkan Kohort digunakan untuk menentukan akibat dari suatu faktor risiko, dengan membandingkan subjek penelitian berdasarkan paparan dan mengikutinya beberapa waktu yang telah ditentukan.

2. Rancangan Penelitian Eksperimen

Rancangan penelitian dimana peneliti memberi perlakuan/intervensi pada subjek penelitian, jenis penelitian eksperimen : field trial (penelitian dilapangan) dan clinical trial (penelitian klinis).

Permasalahan dalam Penelitian Epidemiologi Gizi :

Gizi susah ditentukan secara langsung sehingga perlu menggunakan beberapa indicator status gizi, masalah gizi merupakan akibat dari banyak faktor sehingga penelitian gizi berkaitan dengan ilmu lainnya.

Referensi :

Siagian, Albert. . 2010. Epidemiologi Gizi. Jakarta : EMS

Share Button