Cara Mudah Berlatih Menggunakan Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Mudah Berlatih Menggunakan Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Mudah Berlatih Menggunakan Bahasa Inggris untuk Pemula

Halo sobat pembaca, saya Sri Rahma Yuli akan berbagi informasi mengenai ……..mengingat banyak orang yang mengalami masalah dalam belajar bahasa inggris. Saya sebenarnya juga belum terlalu mahir berbahasa inggris dan bukan guru bahasa inggris, hanya suka belajar bahasa inggris, mencari-cari tips dan trik belajar bahasa inggris di buku-buku atau internet untuk saya pribadi dan untuk dibagi pada teman-teman yang mampir ke blog saya.

Cara Mudah Berlatih Menggunakan Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara memulai berlatih menggunakan bahasa inggris?

Memulai berlatih berbicara bahasa Inggris adalah menggunakan semaksimal mungkin kosa kata yang anda miliki dalam percakapan. Untuk memperkaya kosa kata anda harus banyak membaca dan mendengarkan hal-hal dalam bahasa inggris, jika menemukan kosa kata yang baru cari arti dan cara pengucapannya dalam kamus. (Baca juga Buku Panduan Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris)

Untuk membentuk suatu kalimat, kita membutuhkan pola kalimat, dalam bahasa inggris disebut dengan grammar/tenses. Tapi untuk mudah di pahami, gunakan saja pola kalimat dalam bahasa Indonesia yaitupola S-P-O-K ini. Pola pikirnya adalah:

1. S = Subjek ==> Siapa yang berbicara? (gunakan I,You,He,She,They,We,It/name)
2. P= Prediket ==> Melakukan apa?
3. O= Objek ==> Melakukan terhadap apa?
4. K = Keterangan ==> Di mana, kapan,bagaimana?

Cara Mengaplikasikannya :  Ketika anda sedang melakukan suatu kegiatan anda bisa mengucapkan tindakan anda tersebut dalam bahasa Inggris. Misalnya anda sedang membaca buku

Anda ucapkan dengan agak keras > I-Read-Book-Everyday

Ada banyak kosa kata bahasa inggris yang sudah familiar kita dengan, seperti mobil (car), belajar (Study), sekolah (school), pasar (market). Jadi untuk memulai berlatih sebenarnya sudah ada modal kosa kata yang kita miliki, tinggal memperkayanya dengan cara yang sudah disebutkan diatas dengan banyak membaca dan mendengar apa saja dalam bahasa inggris, kemudian kosa kata baru di cari di dalam kamus.

Mulailah mencoba berlatih dengan mengucapkan beberapa kegiatan anda dalam bahasa Inggris dengan pola di atas. Jika sudah mahir menerapkannya untuk diri sendiri, untuk subjek orang lain tinggal ganti subjek saja “ lihat pada poin 1 diatas.

Dalam bahasa inggris ada pola kalimat khusus, untuk mengucapkan aktitas yang rutin dilakukan, yang telah dilakukan di masa lampau, di masa akan datang, dan masih banyak polanya tidak hanya pola seperti diatas saja. Namun untuk awal berlatih pola diatas akan sangat membantu.

Jika sudah mahir cobalah dilanjutkan dengan menerapkan pola kalimat bahasa inggris (grammar/tentes) yang umum di gunakan seperti pola kalimat present tense (aktifitas rutin), past tense (kejadian masa lampau), atau future tense (masa datang).

Referensi : http://belajarbahasainggrismandiri.blogspot.com/2008/09/pelajaran-6-mulai-berbicara-dalam.html

Share Button